Ayam Hutan / Ayam Alas, Jenis Lengkap, dan Harga Terbaru April 2019

Harga Ayam Hutan – Ayam dalam ilmu pengetahuan adalah salah burung berbadan besar yang sering menghabiskan waktunya di tanah dan termasuk kedalam suku Phasianidae. Saat ini kita banyak menjumpai berbagai jenis ayam. Ayam-ayam yang banyak kita jumpai sekarang ini merupakan hasil dari keturunan ayam-ayam hutan. Termasuk ayam kampung yang banyak dipelihara oleh masyarakat juga merupakan keturunan dari jenis ayam hutan merah. Selain ayam hutan merah, ada beberapa jenis ayam hutan lainnya yang dapat kita temukan. Sebelumnya, saya persempit terlebih dahulu dengan jenis ayam hutan yang terdapat di indonesia.

Pada umumnya ayam hutan mempunyai warna bulu yang cerah, mengkilap, dengan warna yang sangat unik dan tentunya berbeda dengan ayam lainnya. Ayam hutan juga jauh lebih lincah dan memiliki daya tahan yang lebih kuat. Umumnya ayam hutan jantan lah yang memiliki warna menarik, sedangkan ayam betina memiliki warna yang kusam. Bagi anda yang ingin mengembangbiakkan ayam hutan, mengoleksi ayam hutan, ataupun hanya untuk mencari informasi. Berikut adalah beberapa referensi mengenai jenis ayam hutan yang dapat kita temukan di Indonesia.

Jenis Ayam Hutan

Ayam Hutan Merah (Gallus gallus)

Ayam hutan merupakan nenek moyang dari semua jenis ayam yang ada disekitar kita sekarang ini, entah itu di sekitaran rumah ataupun ayam-ayam hias lainnya merupakan keturunan dari ayam hutan. Ayam hutan merah adalah ayam hutan yang paling banyak dikenal. Apabila dilihat secara sekilas, bentuk dan warna ayam hutan merah ini hampir sama seperti ayam kampung, maklum karena dia merupakan nenek moyangnya.

Penyebaran ayam hutan merah ini juga sangat luas, mulai dari wilayah Asia dan juga wilayah timur pakistan.

Ayam Hutan Abu-abu (Gallus Sonneratii)

Ayam hutan abu-abu berasal dari India dan biasa hidup di wilayah hutan kering. Ayam hutan ini menyukai wilayah yang sedikit terbuka dengan pepohonan yang tidak begitu lebat.

Ayam hutan hijau (Gallus varius)

Ayam hutan hijau ini juga termasuk ayam hutan yang sangat populer di indonesia. Pasalnya ayam hutan hijau ini merupakan ayam endemik indonesia yang daerah persebarannya terdapat di Lombok, Komodo, Flores, Ricau (pulau kecil di sekitarnya) Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali.

Ayam hutan Srilanka (Gallus Lafayetii)

Seperti namanya, ayam hutan ini merupakan ayam endemik yang berasal dari Srilanka. Keunikan dari ayam srilanka ini adalah terdapat pola putih di jengger ayam jantannya yang menjadi ciri khas dari ayam srilanka ini.

Harga Ayam Hutan

Berikut ini beberapa harga ayam hutan yang berhasil saya himpun. Harga-harga ini bisa berbeda antara suatu daerah dengan daerah lainnya. Perbedaan tempat membeli juga bisa berbeda-beda. Berikut ini beberapa diantaranya.

Harga ayam hutan hijau : Kisaran Rp 100 – 300 ribu untuk anakannya, sekitar Rp 500 ribu untuk ayam remaja, dan Rp 500 ribu ke atas untuk ayam dewasanya.

Harga ayam hutan merah tidak jauh dengan harga ayam hutan hijau, malah rata-rata lebih murah dari ayam hutan hijau.