Harga Ayam Kate Semua Jenis Lengkap Terbaru Maret 2019

Harga Ayam Kate – Ayam kate adalah ayam yang memiliki tubuh kecil dan mungil yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Ayam ini dipelihara bukan untuk dinikmati dagingnya melainkan hanya sebagai ayam hiasan bagi para pemiliknya. Keunikan dan kecantikan ayam kate akan terlihat ketika mempunyai corak yang sangat indah. Apabila anda ingin berternak ayam, beternak ayam kate adalah pilihan yang tepat. Selain perawatan dan pemeliharaannya yang terhitung cukup murah, tetapi harganya ketika sudah di pasaran akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Keberadaan ayam hias memang sudah menjadi kebutuhan tersendiri dan sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat terutama di perkotaan. Salah satu ternak ayam hias adalah ayam kate. Ayam ini pertama kali ditemukan oleh para pedagang eropa pada tahun 1700-an di Indonesia atau yang lebih tepatnya di pulau Jawa.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, akhirnya para ilmuwan melakukan perkawinan silang untuk mempertahankan populasi ayam kate. Sebelum berbagi cara bagaimana supaya mendapatkan menghasilkan untung yang besar dari beternak ayam hias ini. Berikut ini adalah beberapa jenis dan daftar harga ayam kate yang tersebar di pasaran.

Jenis Ayam Kate

Ayam Kate Betindo

Ayam kate ini mempunyai ciri-ciri dengan bulu yang berwarna putih dan ada tambahan garis hitam, bulu di bagian leher yang belakang bersurai. Jengger ayam kate betindo berwarna merah menyala dan bentuknya sama seperti bunga mawar.

Ayam Kate Lokal

Asal usul dari ayam kate ini masih belum diketahui, tetapi para penggemar ayam kate di indonesia pasti sudah tidak asing dan mungkin sudah banyak yang memelihara ayam kate lokal ini. Ayam kate ini memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama seperti ayam kate jepang yaitu : memiliki bulu yang berwarna putih halus dengan jugs hitam, jengger dan pial besar berwarna merah. Kakinya yang pendek berwarna abu-abu, sedangkan paruh dan kukunya berwarna putih.

Ayam Kate Jepang

Ciri-ciri fisik ayam kate jepang adalah bulunya berwarna kuning keemasan dengan sedikit tambahan warna putih bercampur kuning di bagian belakang ekornya. Jengger dan pial besar berwarna merah, kakinya pendek berwarna sedikit agak kuning dengan campuran warna putih.

Harga Ayam Kate

Untuk daftar harga sebenarnya bervariasi tetapi banyak yang mengatakan harga ayam kate memang terbilang tidak murah. Berikut beberapa daftar harga yang ada dipasaran.

  • Harga anak ayam kate usia 1 Sampai 2 bulan : Rp.30.000 – 50.000.
  • Harga ayam kate 2 Sampai 4 bulan : Rp.50.000 – 60.000.
  • Harga ayam kate dewasa 60.000 – 150.000 per ekor

Faktor yang Mempengaruhi Harga Ayam Kate

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya harga ayam kate dipasaran antara lain:

Usia Ayam Kate

Semakin dewasa dan semakin lama umur seekor ayam kate, maka nilai jualnya kan semakin tinggi juga sesuai dengan penawaran yang memang sudah ada dipasaran. Bukan berarti anak ayam kate yang masih berumur sangat mudah tidak memiliki harga? Kamu salah jika beranggapan demikian. Semakin muda ayam kate memang nilai jualnya rendah, namun jika kamu benar-benar bisa merawat serta memelihara anak ayam kate tersebut hingga tumbuh dewasa tentunya akan menjanjikan untuk membuatmu hidup mapan nantinya.

Warna Bulu Ayam Kate

Mengapa demikian? Ya. Ketika warna bulu yang dimiliki oleh ayam kate yang kau pelihara masih berwarna samar-samar atau sedikit pucat maka otomatis orang yang akan membeli ayam milik kamu itu akan melakukan penawaran yang rendah. Pasalnya, yang menjadi salah satu daya tarik utama dijadikannya ayam kate menjadi ayam hias adalah karena pesona indah dan cerahnya bulu yang menempel pada badan si ayam.

Kesehatannya

Tentu saja akan menjadi hal penting jika akan membahas mengenai kesehatan ayam kate yang dibudidayakan. Betapa tidak, ketika seseorang pembeli mencari indukan yang baik untuk kemudian dikembangbiakkan bukankah ia akan mencari bibit-bibit yang benar-benar unggul dan mungkin akan menjanjikan suatu hari nanti. Ketika kondisi ayam kate yang dijual tidak stabil atau sedang dalam keadaan yang kurang baik maka tentu akan mengurangi nilai jual ayam kate tersebut. Maka dari itu, jika kamu adalah salah satu penyayang binatag ini hal yang utama dan terus kamu awasi adalah pemberian vaksin dan vitamin pada ayam yang kamu pelihara.

Bentuk Bulu Ekor

Bisa kamu perhatikan, untuk ayam kate jantan biasanya salah satu daya tariknya adalah bentuk bulu ekornya. Bulu ekor seekor ayam jantan kadang menandakan seberapa dewasa ayam jantan tersebut, namun banyak juga yang beranggapan bahwa semakin bagus bentuknya maka akan mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi juga tentunya.