Harga Ayam Ketawa, Jenis Lengkap Dan Cirinya Januari 2019

Harga Ayam Ketawa – Siapa yang tidak mengenal ayam ketawa? Bagi anda para pecinta ayam hias pasti sudah familiar dengan ayam yang satu ini tetapi mungkin ada juga beberapa dari anda belum mengetahui jenis ayam ketawa ini. Ayam ketawa adalah ayam yang juga biasa disebut dengan ayam jantan dari timur.

Sejak dulu kala ayam ini seringkali dipelihara oleh masyarakat bangsawan bugis yang menandakan status sosial mereka, karena pada saat itu ayam ketawa menggambarkan kejantanan, keberanian, dan kesuksesan seseorang. Seiring dengan perkembangan zaman, ayam ketawa ini mulai dipelihara banyak orang untuk dinikmati suara ataupun bentuknya.

Tahukan anda bahwa ayam ketawa ini memiliki beberapa jenis? Jenis ayam ini dibedakan berdasarkan warnanya. Penamaan jenis ini untuk dapat mempermudah identifikasi dan pemanggilan ayam ketawa. Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang sangat mencolok antara ayam ketawa dengan ayam jenis lainnya.

Dilihat dari bentuknya sama saja, makanan juga sama dan perilakunya pun sama. Perbedaan yang mencolok dari ayam ketawa dengan ayam lainnya yaitu suara kokoknya yang hampir sama dengan suara orang tertawa, karena itulah  ayam ini disebut dengan ayam ketawa. Ayam ketawa (jantan) biasa disebut dengan Lai, sedangkan untuk ayam ketawa betina biasa disebut dengan Birang. Ada beberapa jenis ayam ketawa yang perlu anda ketahui.

Jenis Ayam Ketawa

Ayam Ketawa Berdasarkan Warnanya

  1. Ayam Ketawa Jenis Korro

Ayam korro adalah jenis ayam ketawa yang memiliki warna dasar hitam, warna hitam pada ayam ketawa jenis ini biasanya dihiasi warna kuning, hijau, dan warna putih mengkilap di bagian bulu leher dan sekitar ekornya. Warna kaki pada ayam ketawa jenis korro ini biasanya berwarna kuning atau hitam.

  1. Ayam Ketawa Jenis Bakka

Ayam ketawa jenis Bakka adalah ayam ketawa yang mempunyai warna dasar putih. Warna bulu pada bagian leher dan bulu sekitar ekornya biasanya berwarna hitam, merah, dan oranye, Kaki pada ayam ketawa jenis Bakka ini berwarna hitam atau putih.

  1. Ayam Ketawa Jenis Bori Tase

Bori Tase adalah jenis ayam ketawa yang memiliki warna dominan merah pada badannya dan dihiasi dengan bulu leer dan sekitar ekornya berwana kuning keemasan. Ekor ayam ketawa jenis ini biasanya berwarna hitam dan kakinya juga berwarna hitam.

  1. Ayam Ketawa Jenis Ceppaga

Ceppaga yaitu ayam ketawa dengan kaki hitam dan warna dominan hitam. Warna ayam ceppaga ini lebih mudah dikelanali karena warnanya unik dengna bintik-bintik putih disekujur tubuhnya. Atau biasa disebut warna blorok.

  1. Ayam Ketawa Jenis Lappung

Lapping/lappung yaitu ayam ketawa yang mempunyai dasar bulu hitam dengan merah hati dan mata putih.

  1. Ayam Ketawa Jenis Ijo Buota

Ayam ini seperti ayam cemani jika dilihat sekilas tetapi jengger dan warna yang sedikit menyerupai warna hijau dan merah tua di tubuhnya, terutama sayap jengger dan hiasan dekat ekor.

Jenis Ayam Ketawa Berdasarkan Suara

  1. Gretek adalah suara kokok ketawa dengan interval yang cepat.
  2. Gaga adalah suara kokok ketawa dengan interval yang lambat.
  3. Dodo adalah suara kokok ketawa yang mendayu-dayu.

Ciri-Ciri Ayam Ketawa

  • Memiliki bentuk jengger pada bagian belakang yang menempel dengan tempurung kepala
  • Memiliki pita suara yang berbeda dengan jenis ayam lainnya, yang memiliki bentuk aneh dan pita suara ayam ketawa yang ternyata terputus. Tidak seperti pita suara ayam lainnya yang besar dan menyambung. Maka tidak heran jika ayam ketawa ini memiliki suara yang terputus-putus yang sangat mirip dengan orang tertawa.
  • Jika dilihat secara fisik, ayam ketawa memiliki bulu yang cukup mirip dengan ayam kampung.
  • Memliki berat badan 4-6 kg pada usia dewasa
  • Ayam Ketawa juga memiliki berbagai jenis warna meliputi kuning, hitam, putih, dan hijau.

Harga Ayam Ketawa

Untuk harga ayam ini dipasaran memiliki perbedaan di setiap daerah. Tetapi sebagai harga patokannya, ayam ketawa biasa dijual dengan mahar 150 ribu – 200 ribu per ekor untuk usia 1 bulan. Kemudian untuk ayam dewasa yang sudah mulai tertawa (berkokok) harganya lebih mahal yaitu sekitar 500 ribu keatas, terlebih lagi untuk yang memiliki suara kokok bagus dan unik, harga ayam ketawa tersebut bisa mencapai 1 juta ke atas.