Ayam Pelung, Jenis Lengkap dan Harga Terbaru Februari 2019

Harga Ayam Pelung – Ayam pelung (Gallus gallus radiatus) adalah salah satu jenis ayam yang paling banyak dipelihara di indonesia. Ayam ini merupakan ayam ras kas dari cianjur, Jawa barat. Ayam pelung ini banyak dipelihara untuk dinikmati suara kokoknya yang sangat merdu dan panjang. Karena memiliki suara yang panjang tersebut ayam ini seringkali digunakan sebagai ayam kontes yang dilombakan keindahan suaranya, sama seperti burung kicau saja.

Di samping  itu, selain memiliki suara yang sangat merdu dan panjang ayam ini juga memiliki keistimewaan lain yaitu dalam ukuran tubuhnya. Tidak sama seperti ayam lain (ayam bangkok, ayam kampung, dll) ayam pelung ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar dari ayam biasa. Karena bobot tubuhnya yang sangat besar ayam ini menjadi hewan peliharaan yang unik. Bahkan saat ini ayam pelung sudah “go internasional” dan banyak diminati oleh para pehobi ayam di luar indonesia.

Dalam perawatan ayam pelung  yang harus anda perhatikan adalah pemberian pakannya, karena memiliki ukuran tubuh yang besar tentunya pemberian pakan pada ayam pelung ini juga akan lebih banyak dibandingkan dengan ayam normal lainnya.

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Pelung Kualitas Super

Sebagai info tambahan, penangkaran dan pemuliaan pertama ayam pelung adalah seorang petani yang juga merupakan toko agama dari Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, yang bernama H. Djarkasih (Mama’ Acih). Beliau memulai penangkaran ayam pelung pada tahun 1850 dengan mengambil satu ekor ayam jantan muda yang diamatinya memiliki kokokan yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan yang lainnya. Penangkaran ini pertama kali dilakukan dengan mengawinsilangkan dengan ayam betina biasa.

Meski hampir mirip dengan ayam kampung biasa, apabila dilihat sekilas ayam pelung ini dapat dibedakan dengan ayam kampung lainnya. Perbedaan yang paling terlihat adalah dari bentuk badannya yang besar dengan pial dan jengger yang juga besar menjadi ciri khusus dari ayam yang satu ini. Terlebih jika anda bisa mendengarkan kokok ayam pelung, maka akan lebih mudah lagi untuk membedakan apakah ayam tersebut ayam pelung atau bukan.

Kokok ayam pelung ini memiliki ciri khusus yang dapat membedakannya dengan ayam biasa, meski postur dan penampilan sama seperti ayam pelung namun jika kokoknya pendek, maka sudah bisa dipastikan bahwa ayam tersebut adalah ayam kampung biasa. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan mengenai ciri-ciri ayam pelung yang bagus dan berkualitas sehingga nantinya anda tidak akan salah pilih dalam memilih ayam pelung.

Mengenali ciri-ciri ayam pelung yang bagus dan berkualitas bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika ayam tersebut belum berkokok ataupun tidak mau berkokok pada saat anda akan membelinya. Terlebih apabila orientasi anda dalam merawat ayam ini diperuntukkan untuk mengikuti kontes. Bakalan ayam pelung yang berkualitas belum tentu menjadi pemenang, karena membutuhkan perawatan yang intensif dalam merawat ayam yang satu ini.

Dalam kriteria lomba ayam pelung jelas bukan hanya kokok saja yang dilombakan, namun hal inilah yang menjadi kategori lomba ayam pelung paling terkenal. Oleh karena itu, bagi para pemula, sebelum anda masuk dalam dunia ternak ayam pelung sangat penting untuk mengenal ciri-ciri ayam pelung yang bagus secara teori.

Jenis Ayam Pelung

Sebenarnya jenis ayam pelung sendiri tidak ada, maksud saya adalah tidak ada variasi ayam pelung yang berbeda, semua ayam pelung sama saja. Namun biasanya orang-orang membedakan ayam pelung dari daerah asalnya. Misanya ayam pelung cianjur, ayam pelung cirebon dan sebagainya.

Ciri-Ciri Ayam Pelung Yang Bagus

Berikut ini adalah ciri ayam pelung berkualitas super yang perlu anda diketahui sebelum anda membeli agar tidak salah dalam memilih ayam pelung, Simak baik-baik:
  1. Ayam pelung yang bagus memiliki Postur tubuh yang besar dan gagah, untuk jago ayam pelung dewasa memiliki berat di atas 5 kilogram
  2. Kedua sayap ayam pelung terlihat sangat kokoh dan mempunyai bulu yang mengkilap dan rapi.
  3. Ayam pelung yang berkualitas memiliki Leher besar dan panjang dengan bulu yang lebat disertai dengan warna bervariasi. Pada bagian bawah leher mempunyai tembolok yang besar dengan posisi di tengah-tengah secara simetris.
  4. Kepala bundar lonjong dan besar, terlihat bersinar dan sangat tampak memiliki sifat pemberani bahkan beringas.
  5. Dada bidang dan besar, terlihat kokoh dan kuat.
  6. Memiliki Jengger besar dan tebal menjulang ke atas berbentuk tunggal bergerigi berwarna merah, pialnya juga besar berwarna merah.
  7. Kedua kaki panjang dan besar dan kuat, cakar kuat, Bentuk kaki mblimbing (persegi) dengan sisik-sisik kaki yang rapi dan bersih dan menkilap. Warna kaki ayam pelung yang baik adalah hitam kebiru-biruan, hijau, atau putih keabu-abuan. Warna kaki ayam pelung yang berwarna kuning, biasanya hasil silangan dengan ayam kampung.