Harga Burung Cendrawasih, Ciri-Ciri, Jenis dan Gambar Lengkap

Ciri Ciri Burung Cendrawasih – Burung cendrawasih atau keluarga burung paradisaeidae adalah burung yang hidup di indonesia bagian timur lebih tepatnya di papua. Burung ini mempunyai keunggulan yang lebih dibandingkan dengan burung pada umumnya. Keunggulan dari burung cendrawasih terlatak pada bagian ekornya yang panjang dan berwarna cerah.

Burung ini hanya hidup di  indonesia bagian timur seperti di Papua, pulau sekitar selat Torres dan di Australia Timur yang terdiri dari 14 genus dan 43 spesies, dan 30 spesies lainnya ditemukan di indonesia. Ukuranya sekitar 50 gram dengan panjang 15 cm sampai 430 gram dengan panjang 110 cm. Burung Cendrawasih ini telah dipercaya sebagai burung dari surga oleh masyarakat papua lantaran memiliki burung yang sangat indah.

Pada masa kawin burung cendrawasih jantan menggunakan keindahan bulunya untuk menarik perhatian cendrawasih betina. Habitat mereka adalah di hutan dataran rendah. Di indonesia sendiri, burung cendrawasih bisa dijumpai di Maluku dan Papua. Ada beberapa jenis burung Cendrawasih yang sudah masuk rekor muri, diantaranya adalah cendrawasih botak, cendrawasih merah, Toowa, dan cendrawasih kuning kecil yang masuk dalam daftar jenis burung yang wajib dilindungi berdasarkan UU No 5 Tahun 1990 dan PP No 7 Tahun 1999. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai jenis burung cendrawasih.

Cendrawasih Botak (Cicinnurus Respublica)

Burung cendrawasih botak mempunyai bulu yang berwarna merah dan hitam pada tubuhnya, sedangkan pada bagian tengkuk berwarna kuning, dan mulutnya berwarna biru muda. Ukuran cendrawasih ini sekitar 21 cm, dan merupakan burung pemakan buah-buahan dan serangga. Burung cendrawasih botak ini hanya hidup di pulau Weigo dan Batanta, Raja Ampat, dan Papua Barat.

Cendrawasih Kuning Besar atau Paradisaea apoda

Burung cendrawasih kuning besar hanya tersebar di hutan dataran rendah dan daerah perbukira barat daya pulau Irian dan kepulauan Aru. Burung ini memiliki panjang 43 cm,  bulu tubuhnya berwarna coklat marun, dan warna bulu pada bagian kepalanya perpaduan antara kuning dan hijau. Burung cendrawasih kuning besar ini merupakan burung pemakan biji-bijian dan serangga kecil.

Cendrawasih Mati Kawat atau Seleucidis melanoleucus

Burung ini memiliki panjang 33 cm dengan warna bulu hitam mengkilap dan pada bagian perut berwarna kuning, dan merupakan burung pemakan serangga dan buah-buahan. Selain itu burung ini juga memiliki paruh berwarna hitam. Burung cendrawasih Mati Kawat hanya ditemukan di dataran rendah pada pulau irian.

Cendrawasih Merah atau Paradisaea rubra

Memiliki warna bulu kuning dan merah, serta paruh berwarna kuning. Burung jantan berukuran 72 cm, sedangkan betina sekitar 33 cm. Burung cendrawasih kuning hanya ditemukan di dataran rendah pulau Waigeo dan Batanta, Irian Jaya Barat.

Cendrawasih Panji atau Pteridophora alberti

Cendrawasih panji jantan berwarna hitam dan kuning tua, dan terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengkilap. Sedangkan cendrawasih panji betina memiliki bulu berwarna abu-abu lebih kecoklatan bergaris dan berbintik hitam. Persebaran cendrawasih panji pada daerah pulau Irian, lebih tepatnya pada pegunungan.

Cendrawasih Kerah atau Lophorina superb

Disebut cendrawasih kerah karena burung cendrawasih jenis ini memiliki bulu bagian dada berwarna biru hijau. Pada burung jantan memiliki mahkota, atau bulu kepala berwarna pelangi. Sedangkan pada betina berwarna coklat. Burung cendrawasih kerah berhabitat di seluruh hutan hujan tropis di pulai Irian.

Cendrawasih Goldi atau Paradisaea decora

Bulu berwarna coklat zaitun. Pada burung jantan memiliki bulu hias di pinggang berwarna merah tua, sedangkan pada betina tidak memilikinya. Pada betina warna bulu coklat jingga. Cendrawasih Goldi tersebar di pulau Fergusson dan Normanby, dengan makanan khas burung ini adalah buah-buahan.

Cendrawasih Raja atau Cicinnurus regius

Merupakan cendrawasih paling kecil berukuran sekitar 16 cm. Burung jantan berwarna merah tua dan putih, sedangkan kaki berwarna biru. Cendrawasih raja memiliki bulu-bulu mirip kipas. Sedangkan burung betina berwarna coklat. Makanan utama yaitu buah-buahan dan serangga.

Cendrawasih Ranggina atau Paradisaea raggiana

Berwarna kuning coklat kemerahan atau jingga, sehingga sering disebut cendrawasih jingga. Berukuran sekitar 34 cm, dengan paruh berwarna abu-abu kebiruan. Pada burung jantan memiliki bulu-bulu berwarna merah, jingga, dan warna campuran antara merah dan jingga yang terdapat pada bagian perut. Sedangkan burung betina berukuran lebih kecil tanpa bulu-bulu hias.

Harga Cendrawasih

Burung cendrawasih tidak mempunyai harga pasti dari setiap jenisnya, karena burung ini merupakan salah satu satwa yang dilindungi. Tetapi kisaran harganya mulai dari 3.000.000 hingga 10.000.000 untuk jenis yang umum. Sedangkan untuk jenis tertentu yang benar-benar langka dijual lebih mahal lagi yaitu 50.000.000. Untuk burung cendrawasih yang sudah mati dan diawetkan harganya mencapai 5.000.000. Demikian informasi yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Kata kunci:

cara beri minyak ikan pada perkutut