Harga Kakak Tua Jambul Kuning, Mini, Raja, Semua Jenis April 2019

Harga Burung Kakak Tua – Burung Kakatua, hinggap di jendela, kakek sudah tua giginya tinggal dua. Nah, begitulah nyayian legendaris yang diajarkan oleh orang tua kita dengan tokok burung kakatua, Burung kakatua merupakan salah satu burung yang tergolong dalam keluarga paruh bengkok. Burung yang satu ini banyak dipelihara sebagai burung hias karena mempunyai warna yang sangat cantik, bentuknya yang unik, dan perilakunya yang menggemaskan. Seperti yang kita ketahui bahwa keluarga burung paruh bengkok kebanyakan memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan burung lainnya. Burung kakatua mempunyai kecerdasan yang cukup tinggi sehingga burung ini sering sekali dijadikan sebagai hewan atraksi dalam suatu pertunjukan ataupun hiburan. Selain itu, burung ini dapat dilatih dan jinak.

Apakah anda tertarik untuk memiliki burung kakatua? Atau mungkin anda hanya penasaran? Mungkin informasi mengenai jenis kakatua disini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Ada beberapa jenis kakauta yang dapat kita jumpai di indonesia. Bagi anda yang berminat untuk membelinya ataupun hanya sekedar informasi saja, maka silahkan disimak.

Jenis Burung Kakatua

  • Kakatua jambul jingga

Kakatua ini merupakan salah satu hewan endemik yang berasal dari pulau sumba. Kakatua jambul jinga ini berwarna putih dengan jambulnya yang berwarna jingga dan sedikit warna jingga di bagian sekitar telinganya. Pada sebagian sayapnya ada  yang berwarna kuning pucat.

  • Kakatua maluku

Sesuai dengan namanya kakatua ini berasal dari maluku. Burung ini memiliki ukuran badan yang besar  yaitu sekitar 45-53 cm dengan berat sekitar 800-900 gram. Berbeda dengan kakatua putih, ukuran kakatua maluku jatan lebih kecil dibandingkan dengan kakatua betina. Usia kakatua maluku ini bisa mencapai 60 sampai 70 tahun.

  • Kakatua putih

Sesuai dengan namanya, jenis burung kakatua putih memiliki warna bulu yang dominan berwarna putih. Dan mempunyai gradasi berwarna kuning di sekitar pangkal ekornya sama seperti burung kutilang. Ukuran burung kakatua putih pada jantan dan betinanya pun cukup jauh, untuk kakatua putih betina beratnya sekitar 400, sedangkan untuk jantan beratnya sekitar 700-800 gram. Usianya bisa mencapai puluhan tahun yaitu sekitar 40-60 tahun. Kakatua putih masuk kedalam kategori ukuran sedang.

  • Kakatua raja hitam

Dinamakan kakatua raja hitam karena burung kakatua ini seluruh tubuhnya hampir berwarna hitam dari bulu paruhnya sampai lidahnya berwarna hitam. Hanya pipinya saja yang berwarna merah cerah. Burung kakatua raja hitam ini mempunyai jambul yang cukup panjang di kepalanya yang bisa tegak, ukuran tubuh kakatua ini mencapai sekitar 50-60 cm dan mempunyai berat badan sekitar 900 gram sampai 1,2 kg, untuk ukuran burung kakatua tentu kakatua raja adalah salah satu burung kakatua dengan ukuran badan yang cukup besar. Umur kakatua ini pun bisa mencapai 60-70 tahun.

  • Kakatua rawa

kakatua rawa ini biasa ditemukan di daerah rawa-rawa tepatnya di Papua. Mungkin sebagian kita mengira kakatua rawa ini berwarna gelap karena tinggal di rawa-rawa tetapi tidak seperti yang saya bayangkan burung kakatua rawa ini mempunyai bulu berwarna putih. Ukuran tubuhnya sekitar 35 sampai 41 cm, termasuk kedalam kategori sedang sampai kecil.

  • Kakatua tanimbar/gofin

Kakatua tanimbar atau kakatua gofin ini berasal dari Maluku tepatnya di pulau Tanimbar, jika diperhatikan banyak kakatua yang berasal dari sana yah. Kakatua ini berukuran kecil jika dibandingkan dengan kakatua lainnya. Kakatua tanimbar mencapai sekitar 30 cm dengan berat sekitar 250-300 gram. Umur kakatua tanimbar berkisar sekitar 30 tahun.

Harga Burung Kakatua

Karena burung kakatua ini termasuk burung yang dilindungi maka anda harus mempunyai izin untuk memeliharanya. Proses jual belinya pun biasanya dilengkapi dengan surat-surat mungkin semacam KTP si burung yah hehehe. Berikut ini beberapa list harga yang bisa saya dapatkan, perlu di ingat list harga ini tidak pasti melainkan kisaran saja, jadi bisa lebih murah juga bisa lebih mahal tergantung dimana anda membelinya. Berikut beberapa list harga kakak tua :

  • Burung kakatua goffin Rp 3.000.000
  • Burung kakatua jambul kuning Rp 2.500.000
  • Burung kakatua maluku Rp 1.500.000
  • Burung kakatua mini jambul kuning Rp 2.000.000
  • Burung kakatua putih Rp 3.000.000
  • Burung kakatua raja hitam Rp 4.000.000
  • Burung kakatua rawa Rp 2.000.000
  • Burung kakatua sanguinea Rp 2.500.000