Harga Burung Macaw, Macau, Makau, Semua Jenis Lengkap Maret 2019

Harga Burung Makau – Mungkin anda pernah menonton film animasi yang berjudul Rio yaitu sebuah film petualang yang menceritakan tentang jenis burung langka yang bernama Blu. Tokoh blu dalam film ini adalah burung berjenis macaw biru (Blue Spix’s macaw) yang berasal dari brazil. Kembali pada burung macaw, burung ini berasal dari Amerika atau yang lebih tepatnya di Amerika Selatan.

Burung macaw ini mulai menyebar di daerah Eropa pada saat Columbus membawa burung ini kembali ke negaranya. Banyak sekali jenis burung macaw yang sudah tersebar di dunia, beberapa jenis burung macaw diantaranya sudah terancam punah maka dari itu peredaran dan penjualannya diatur oleh undang-undang. Hal ini dikarenakan sudah mulai menipisnya tempat tinggal mereka dan semakin maraknya pemburuan liar.

Burung macaw adalah salah satu burung yang memiliki ukuran besar dan banyak dipelihara sebagai burung peliharaan. Burung ini dipelihara bukan sebagai burung kicau, namun sebagai burung hias yang dinikmati keindahan warna dan aksinya.

Burung macaw sama seperti dengan kebanyakan burung berparuh bengkok lainnya, burung ini merupakan salah satu burung yang cerdas dan dapat dilatih baik itu untuk menghafal si pemiliknya, terbang bebas dan kembali (free flight), atau untuk melakukan atraksi yang tidak biasa dilakukan oleh burung lainnya. Burung macaw merupakan burung pemakan biji-bijian, memiliki paruh yang cukup kuat sehingga dapat memecahkan biji yang memiliki kulit yang keras. Selain itu, burung ini juga biasa memakan sayuran dan buah. Berikut ini adalah beberapa jenis burung macaw yang biasa kita temukan.

Jenis Burung Macaw

1. Blue & Gold Macaw

Burung macaw jenis blue dan gold macau merupakan salah satu burung macau yang paling populer di kalangan pecinta burung macaw, karena burung ini banyak dijual di petshop dan pasar burung. Burung Macau di indonesia ini lebih dikenal dengan burung macaw biru kuning (araauna).

Burung macaw ini dapat tumbuh sampai 90 cm. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna biru dan kuning yang dominan di tubuhnya. Dialam bebas burung macaw ini banyak hidup di hutan seperti padang rawa-rawa atau tempat dekat sumber air. Burung ini membuat sarang disekitar lubang pepohonan untuk tempat tinggalnya.

2. Buffon’s Macaw

Buffon Macau diketahui merupakan salah satu jenis burung macaw yang langka. Burung ini berasal dari Nikaragua, Kolombia, Ekuador dan Kosta. Burung macau jenis ini memiliki ciri khas yang mudah dikenal yaitu terdapat sedikit Jambul di kepalanya, tepatnya di atas paruh jambul ini berwarna merah cerah yang dengan mudah dapat kita kenali.

Buffon macaw juga dikenal dengan nama Great green macaw.

3. Green Winged Macaw

Dinamakan Green Winged Macaw karena terdapat warna hijau bergaris di sayapnya. Mungkin Jika diperhatikan sekilas maka burung Green Winged maka akan mirip seperti burung Macau Scarlet. Burung ini juga termasuk burung makau yang langka. Hal ini bisa diakibatkan salah satunya karena siklus reproduksinya yang sangat lambat.

Burung Green Winged Macaw baru bisa bertelur sekitar 6 tahunan dan sekali bertelur mampu menerapkan satu atau dua butir telur lalu burung ini akan bertelur lagi selama 9 bulan kemudian ini dikemukakan oleh para-para penangkar burung Macau

4. Hyancinth Macaw

Pernah nonton film animasi rio? Nah tokoh yang bernama blu ini adalah tokoh yang diambil dari jenis Hyancinth Macaw. Burung ini dikisahkan sebagai burung yang langka dan sulit untuk dikembangbiakkan karena sifatnya yang agresif, memang benar begitu adanya spesies ini termasuk spesies yang langka dan meskipun pernah dicoba untuk ditangkarkan salah satu penangkaran di cekoslowakia penanganannya agak sulit dilakukan.

Selain burung macaw jenis ini sulit sekali dijinakkan ukuran tubuhnya dan kekuatan gigitannya juga luar biasa. Dengan ukuran tubuh sekitar 1 meter dan mempunyai kekuatan gigitan 150 kg/m² membuat para penangkar sedikit kewalahan.

5. Illiger’s Macaw

Macau jenis Illiger’s termasuk salah satu jenis macaw yang berukuran kecil ukuran tubuhnya. Macaw ini hanya tumbuh mencapai sekirat 43 cm.

Jenis ini lebih mudah dijinakkan dibanding jenis makan lainnya tetapi kurang populer di kalangan para hobbies, mungkin dikarenakan warnanya yang kurang cerah dan karakternya suka menyendiri dan tampak murung.

6. Millitary Macaw

Perhatikan bagian wajah pada military Macau. Jika diperhatikan lebih seksama wajahnya menyerupai orang yang sedang serius dan tegas. Oleh karena itu dinamai military Macau.

Military Macau memang sedikit mirip dengan Buffon macau tetapi bentuk kepala military macau lebih panjang dan warna pipi yang berwarna merah dan terlihat garang.

7. Noble Macaw

Noble macau termasuk salah satu jenis macaw yang berukuran kecil atau bisa disebut juga berukuran mini, karena jenis macaw ini mempunyai ukuran kurang dari setengah macau kebanyakan, ukurannya sekitar 30 cm.

Burung Macau ini disebut juga dengan nama red-shouldered Macaw karena mempunyai polat merah dikedua sayapnya.

8. Scarlet Macaw

Jika anda biasa melihat pameran burung atau atraksi-atraksi burung yang diisi oleh burung-burung berparuh bengkok maka mungkin Scarlet Macaw tidak asing bagi anda. Warnanya yang bermacam-macam ini menjadi primadona bagi sebagian hobiis burung.

Burung ini termasuk burung yang populer di kalangan para penangkar dan banyak dicari orang karena warnanya yang cerah dan burung ini juga bisa untuk dijinakkan.

9. Severa Macaw

Severa macaw jika diperhatikan sekilas maka mirip dengan burung military macaw. Perbedaan yang mencolok terdapat pada jambulnya.

Jambul military macaw berwarna merah maka jambul severa macaw berwarna hijau.

10. Yellow-Collared Macaw

Dinamakan yellow-collared macaw karena pada macaw ini terdapat warna kuning dibagian punggungnya. Warna dominan macaw ini hijau dengan muka putih dan list hitam di kepalanya.

Harga Burung Macaw 2019

Harga burung macaw bervariasi, ada yang murah ada yang mahal. Semua tergantung jenis dan kualitasnya. Harga yang saya tampilkan disini berasal dari beberapa forum dan toko yang di survey sebelumnya. Harga bisa berubah tergantung umur, kualitas, dan jenisnya.

Jenis Burung MacawHarga
Burung Illiger’s MacawRp 15.000.000
Burung Severe MacawRp 27.000.000
Burung Macaw Blue And Gold JinakRp 35.000.000
Burung Green Wing Macaw JinakRp 55.000.000
Burung Baby Catalina MacawRp 55.000.000
Burung Harlequin MacawRp 65.000.000
Burung Macaw Blue ThroatedRp 75.000.000
Burung Macaw ScarletRp 99.000.000
Burung Macaw Green Wing Dewasa SepasangRp 100.000.000