Cara Menjodohkan Lovebird Dewasa, Paud yang Beda Warna Dengan Benar

Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna – Lovebird atau dalam bahasa indonesianya adalah burung cinta. Burung ini diberi nama lovebird bukan tanpa alasan, namun karena  burung ini sangat setia kepada pasangannya sampai mati. Banyak yang mengatakan bahwa burung lovebird akan berpasangan sampai mati. Karena sangking setianya apabila salah satu pasangannya mati ataupun dipisahkan maka pasangan satunya akan stress kemudian jatuh sakit dan bahkan mati.

Namun saya sendiri belum pernah menemukan kejadian seperti ini, bahkan lovebird di penangkaran dapat ditukar pasangan dan dikawinkan dengan metode poligami. Mungkin hal ini relatif karena beberapa lovebird memiliki karakter yang berbeda, mungkin juga lovebird yang akan mati jika dipisahkan dari pasangannya adalah lovebird yang sangat setia sampai sehidup semati.

Kembali pada pembahasan mengawinkan lovebird. Lovebird akan kawin apabila sudah cocok dan berjodoh antara satu sama lainnya, sehingga lovebird perlu dijodohkan terlebih dahulu. Hampir mirip dengan menjodohkan burung merpati. Jadi sebelum kawin harus dijodohkan dahulu dan ga langsung kawin. Ada beberapa metode dalam menjodohkan lovebird, berikut ini adalah beberapa metode yang bisa sampaikan.

Cara Menjodohkan Lovebird

Sebelum menjodohkan lovebird ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, lovebird yang dikatakan sudah matang reproduksinya dan siap untuk berkembangbiak adalah lovebird yang berumur 8 bulan keatas, rekomendasi umur sekitar 1 tahun baik jantan ataupun betinanya.

Menjodohkan sepasang lovebird

Bagi anda yang sedang ingin menjodohkan lovebird hanya sepasang jantan dan betina, teknis yang dapat anda lakukan adalah.

  1. Pilih lovebrid betina dan jantan, sebaiknya yang masih muda (remaja). Namun jika sudah matang juga tidak masalah.
  2. Apabila lovebird masih muda bisa langsung disatukan kedalam 1 kandang yang sama dan biarkan sampai mengenal antara satu sama lain. Namun, jika lovebird sudah dewasa terlebih dahulu pisahkan kedalam kandang yang berbeda. Pekenalkan lovebird dewasa dengan cara menempelkan kandang dan biarkan saling melihat dahulu. Jika sudah terlihat akrab bisa langsung disatukan dalam satu kandang.
  3. Jika sudah saling bercumbu adu paruh ataupun menyisir biasanya lovebird sudah jodoh.

Lovebird merupakan salah satu burung yang dikenal sebagai burung pemilih, apalagi jika sudah dewasa. Terkadang jika sudah tidak suka maka tidak mau jodoh. Makanya kebanyakan para pecinta lovebird akan langsung menjodohkan lovebird saat masih remaja dan bahkan anakan agar saat dewasa lovebird bisa langsung berjodoh.

Menjodohkan lovebird dalam kelompok

Cara ini adalah cara yang menurut saya efektif sekali karena lovebird bisa memilih pasangan sesuai hati mereka. Dan secara alamiah mereka adalah burung koloni yang hidup berpasangan dalamkelompok. Intinya siapkan kandang yang cukup besar, gupon lovebird, dan beberapa lovebird (misal 4 jantan dan 4 betina), teknisnya.

  1. Siapkan beberapa ekor lovebird jantan dan beberapa ekor betina, jangan sampai jumlah jantan melebihi jumlah betina, lebih baik betina yang lebih banyak atau pas sepasang-sepasang. Lebih baik umur yang sudah siap kawin.
  2. Siapkan gupon, kandang, sarang lovebird biasanya banyak dijual di toko burung. Susun dengan jarak yang kira-kira aman. Jumlah gupon harus pas atau melebihi jumlah pasangan lovebird.
  3. Masukkan semua lovebird kedalam kandang besar, tunggulah sampai mereka saling berpasangan satu sama lainnya.

Cara Mengawinkan Lovebird

Langkah selanjutnya adalah mengawinkan lovebird, proses ini cukup ditunggu saja, jika sudah jodoh insya allah lovebird akan kawin dan mulai bertelur. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sarana, pakan, dan perawatan yang benar agar burung lovebird merasa nyaman. Lovebird akan bertelur sebanyak 1-4 butir atau bisa juga lebih. Proses mengeram biasanya sekitar 21 harian,kurang lebih 3 minggu. Jaga selalu makanan lovebird terlebih jika sudah mempunyai anakan.