Jenis Lovebird Biola, Ciri-Ciri Dan Harga Terbaru Januari 2019

Burung Lovebird Biola / Lovebird Opaline – Trend warna di kalangan burung lovebird sudah terjadi sejak dulu. Di mulai dari Lutino yang dulu pernah booming menjadi primadona dengan harga yang sangat fantastis. Kemudian muncul Lovebird Blorok dan setelah itu muncul lagi Lovebird Parblue.

Sampai saat ini, trend  warna pada burung lovebird masih berlanjut dan pada akhirnya jatuh kepada lovebird biola. Apa sih burung lovebird biola (Opaline)? Ada apa dengan burung ini? Kenapa burung lovebird biola ini bisa sangat melejit menjadi primadona baru di dunia lovebird? Kenapa harga burung ini begitu mahal? Apa yang menyebabkan harga lovebird biola ini sangat tinggi? Begitu banyak pertanyaan mengenai lovebird biola.

Oleh karena itu, mari kita simak mengenai asal mula mutasi Lovebird Biola (Opaline), Jenis Biola, dan Harga Lovebird Biola yang paling mahal.

Lovebird Biola (Opaline)

Lovebird Biola (Opaline) adalah mutasi pertama dari lovebird muka salem, yang lahir di Becky Anderson Bird Farm, Michigan, AS. Piyik pertama lovebird biola menetas pada tanggal 18 januari 1997. Mutasi tersebut  berasal dari dua induk jantan dan betina lovebird muka salem biasa. Australia sebagai pemilik plasma nutfah burung ini pun akhirnya memberikan apresiasi positif terhadap Becky Anderson. Semenjak itu, para penangkar burung lovebird di Australia, Amerika, dan Eropa berlomba-lomba untuk mencetak mutasi lain dari burung lovebird muka salem.

Opaline generasi pertama adalah green opaline, pada bagian kepala seluruhnya berwarna merah (sama sepeti kerudung) dan ekornya berwarna merah-oranye. Opaline sangat berbeda dengan hijau normal (sebutan untuk muka salem yang asli), dimana warna hijaunya jauh lebih terang dan cerah. Pantat (perbatasan punggung dan ekor) pun tidak berwarna biru, namun hijau terang seperti warna bulu dominan.

Saat masih berusia muda, opaline dengan mudah diidentifikasi dengan warna kuning di bagian belakang  kepalanya, dan lama-kelamaan berubah menjadi merah. Ketika opaline mabung untuk pertama kalinya, maka semua bagian kepalanya akan berganti bulu menjadi merah. Kini opaline menjadi salah satu bahan yang sangat penting bagi para penangkar burung diseluruh dunia, untuk dapat menghasilkan berbagai varian warna baru yang bagus. Sebagian hasil dari persilangan akan membuat kerudung merahnya menjadi hilang dan berganti dengan warna lain, tetapi modelnya masih sama seperti kerudung. Ada yang terlihat dengan jelas, mengalami gradasi, dan sebagainya.

Jenis Lovebird Biola (Opaline)

1. Biola Green

Ciri-ciri Lovebird Biola Green

Green Opaline adalah Biola Standard yang berwarna hijau dengan motif batik di bagian sayap serta memiliki kepala sable (ciri khas opaline) berwarna merah pedas. Di bagian ekor berwarna merah.

Harga Lovebird Biola Green

Biola biasa dibandrol antara 7 juta sampai 12 juta rupiah, tergantung kualitas warnanya. Harga biola  jantan lebih mahal dibanding dengan biola betina. Semakin merah warnanya membuat harga biola ini semakin mahal.

2. Biola Lutino

Ciri Ciri Lovebird Biola Lutino

Secara sekilas biola lutino sangat mirip dengan lutino biasa namun yang membedakan adalah pada bagian ekor dan kepalanya. Pada biola lutino memiliki ekor merah dan kepala sablenya lebih ngalung dan lebih pedas warna merahnya dari pada lutino biasa.

Harga Biola Lutino

Biola lutino di hargai sekitar 7 jt sampai 12 jt rupiah. Tergantung motif dan warnanya.

3. Biola Parblue

Ciri Ciri Biola Parblue

Biola parblue memiliki warna khas seperti parblue biasa akan tetapi pada bagian sayap memiliki motif batik seperti biola. Pada bagian paruh berwarna orange dengan kepala sable khas parblue.

Harga Biola Parblue

Biola parblue dihargai sekitar 15jt sampai 25jt rupiah. Namun Harga Biola Parblue juga tergantung dengan kualitas warna dan motifnya serta keunikan warnanya. Karena masih sangat jarang mutasi warna jenis ini jadi untuk harga tidak ada patokannya.

4. Biola Euwing

Ciri Ciri Biola Euwing

Biola euwing memiliki warna yang sangat indah. Memiliki motif sayap batik ala biola dengan perpaduan punggung bermotiv V sesuai dengan motif Euwing. Biola euwing yang bagus biasanya memiliki kepala sable (ngalung) Merah pedas. Selain itu pada bagian dada berwarna kuning dengan warna sayap kekuning kuningan.

Harga Biola Euwing

Biola Euwing dihargai sekitar 15jutaan sampai tak terhingga. Semakin bagus motif dan warnanya maka akan semakin mahal pula harganya.

5. Biola Blue

Ciri Ciri Biola Blue

Dari semua jenis mutasi pada biola opaline. Biola blue memiliki warna yang paing eksotis dan mewah. Biola blue memiliki warna kepala sable putih dengan motif sayap batik dengan warna khas blue series. Biola blue ini bermacam macam warnanya, ada biola vio, biola mauve, biola cobalt, dan berbagai macam jenis wara mutasi khas blue series.

Harga Biola Blue

Dari semua jenis mutasi pada lovebird Biola Blue memiliki harga yang paling tinggi diantara semuanya. Mungkin kalau di kalkulasi harganya diatas 25 jt rupiah.

Kata kunci:

2018 svd missionaries postulates for Zambia and Zimbabwe,harga burung poksay jambul,jalak pito,jual anakan kepodang,suara burung jalak,cara merawat burung merba cepat bunyi,kerocokan,gambar burung trucuk