Murai Batu Jenis dan Harga Terbaru November 2018

Burung Murai Batu – Murai batu adalah salah satu jenis burung yang banyak tersebar di indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai burung murai batu dan yang perlu anda ketahui bahwa burung  murai tidak hanya satu nama saja. Namun banyak sekali macam-macam burung murai mulai dari murai murai medan, murai nias, murai lampung, murai kalimantan, murai borneo, murai aceh, murai bahorok, murai anakan, murai bordan, murai irian, murai sabang, murai jawa, murai malaysia, murai thailand dan murai filipina.

Burung murai merupakan salah satu burung yang terbaik untuk kelas burung disekitar kita dan burung ini paling banyak dicari oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Burung murai mempunyai keindahan tersendiri mulai dari postur warnanya dan cara berkicau. Karena itulah banyak masyarakat sekitar indonesia banyak mencari dan minat untuk memiliki burung ini. Suatu saat  pun anda pasti memiliki keinginan untuk membelinya dan tidak peduli harga burung murai ini mahal ataupun murah, yang terpenting adalah anda sudah memiliki burung ini dan anda akan merawatnya dengan sebaik mungkin.

Selain itu burung murai ini juga mempunyai keunikan yang tersendiri, keunikannya adalah burung ini mempunyai ekor yang panjang seperti burung lainnya. Karena banyak sekali pecinta kicau mania yang sering membicarakan mengenai ekor panjang seperti burung murai dan beberapa jenis burung murai medan dan lainya seperti murai batu Medan, Nias, Lampung, Aceh ataupun Borneo (Kalimantan).

Burung Murai Batu

Ternyata saat ini keberadaan burung murai terancam punah, saya pun juga juga kurang tahu kenapa bisa seperti itu. Apakah karena pemburuan liar ataupun murni karena kerusakan lingkungan. Hal ini harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang khusus, karena jumlah burung murai ini sudah semakin berkurang. Pada saat itu peyebaran untuk wilayah foto burung murai sudah sering merambah di negara sekitar. Kalu di negara indonesia sendiri bisa didapatkan disekitar pulau jawa, sumatra dan kalimantan. Pastinya penyebaran burung murai ini sudah memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis burung murai yang perlu anda ketahui.

Jenis Murai Batu

Ada cukup banyak jenis burung murai batu yang bisa kita temui. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Murai Medan

Murai medan adalah salah satu burung yang terbaik dar semua jenis yang hidup di indonesia. Murai Medan ini sudah banyak orang diminati oleh banyak orang.

Keunikan dari burung Murai ini terdapat pada ekornya. Sebab ekor burung Murai Medan terbilang panjang, yakni bisa mencapai 25 sampai 30 cm. Tak heran bila banyak yang tertarik dengan burung ini.

2. Murai Nias

Berikutnya yang tak kalah populer adalah Murai Nias. Sesuai namanya, burung Murai ini berasal dari Nias. Menariknya burung ini sering menjuarai perlombaan. Kelebihan burung ini hampir sama dengan Murai Medan. Hanya saja panjang ekornya lebih pendek dan tubuhnya juga lebih mungil.

3. Murai Malaysia

Murai ini berasal dari Negeri Tetangga, Malaysia. Ciri khas Murai malaysia terdapat pada bentuk ekornya rata-rata mirip denagn Murai Medan. Selain itu juga ada yang berekor pendek seperti murai Borneo dari kalimantan. Ciri lainnya adalah ekor yang sangat tipis akan tetapi seakan lentur. Murai malaysia ini memiliki ukuran yang lebih besar jika kiat dibandingkan dengan murai medan.

4. Murai Lampung

Murai Lampung mempunyai ekor yang lebih pendek dari Murai Medan atau Aceh. Akan tetapi kicauan burung Murai ini dinilai lebih variatif ketimbang saudaranya. Tidak hanya itu, mental Murai Lampung juga bagus. Alhasil burung ini menjadi incaran banyak orang. Bila rutin dilatih atau master burung Murai Lampung bisa menjadi jawara.

5. Murai Batu Kalimantan

Murah yang satu ini mungkin kurang begitu diminati oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah suara kicauannya yang kurang menarik dan kalah dari Murai jenis lainnya. Meski begitu bukan berarti burung Murai ini tidak menarik. Burung ini bisa menjadi pilihan jika Anda merupakan kolektor burung yang cinta burung tidak hanya pada kicauannya saja.

6. Murai Aceh

Murai Aceh mempunyai kicauan yang setara dengan Murai Medan. Oleh karenanya banyak yang mengandalkan burung kicau ini untuk berlomba. Selain itu Murai Aceh juga mempunyai daya tahan yang bagus. Akan tetapi tubuhnya terbilang mungil dibandingkan dengan Murai Medan.

7. Murai Borneo

Murai Borneo terbagi menjadi tiga ras, antara lain Banjar, Mahkota dan Palangka. Ketiganya ini sama-sama berasal dari Kalimantan. Yang membedakan adalah daerah tempat asalnya saja. Burung Murai Batu ini juga mempunyai daya tarik tersendiri yang tak kalah menarik dari burung murai lainnya.

8. Murai Bahorok

Murai yang satu ini berasal dari salah satu wilayah provinsi Sumatera Utara. Tepatnya di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Ketika berada di sana Anda bisa menjumpai Burung Murai Batu ini bebas berkeliaran di kebun kelapa sawit.

9. Murai Anakan

Murai anakan mempunyai badan yang kecil. perawatan murai anakan terbilang susah-susah gampang. Tinggal mencari tutorialnya di internet. Jika ingin membeli murai anakan, dianjurkan untuk membelinya bila sudah berumur 3 bulan ke atas supaya bisa membedakan murai anakan jantan dan betina.

10. Murai Bordan

Murai bordan merupakan salah satu sebutan dari burung bordan karena hasil dari perkawinan antara murai medan jantan sama dengan murai borneo betina. Kemungkinan ini untuk bertujuan atau mengkombinasikan gaya dan karakter mental dari dua jenis murai sangat berbeda rasnya.

Burung Murai Batu ini merupakan hasil kawin antara Murai Medan Jantan dan Murai Borneo Betina. Tujuannya supaya bisa memadukan gaya dan karakter dari kedua jenis burung itu. Hasilnya diperoleh burung Murai Batu Bordan.