Kandang Ternak Lovebird Sederhana Dari Besi

Ternak Lovebird Dengan Kandang Sederhana – Kandang merupakan salah satu hal paling pokok dalam beternak burung lovebird. Kandang ternak burung lovebird selain sebagai tempat pemeliharaan, tetapi juga memiliki fungsi untuk menambah kecantikan dari lovebird.

Disisi lain, jika anda memelihara burung lovebird untuk diternakkan, maka kandang  menjadi faktor penentu keberhasilan dari beternak lovebird ini. Saat ini kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk membuat kandang burung lovebird.

Ukuran Kandang Lovebird

Karena di pasaran sudah ada kandang burung lovebird dari besi seperti merek Best One, Boom, BnR dan masih banyak lagi. Untuk kandang ternak burung lovebird dari besi yang paling terbaik untuk beternak yaitu 60 cm x 40 cm x 40 cm. Ukuran tersebut sudah sangat pas dan sudah banyak digunakan oleh para master burung lovebird seperti Om Kurnia yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah.

Om Kurnia saat ini sudah mempunyai sekitar 250 pasang burung lovebird yang sebagian diletakkan di kandang besi yang berukuran 260 cm x 40 cm x 40 cm. Sedangkan untuk harganya tergantung dari merek. Di Kota Tegal, Jawa Tengah, kandang lovebird dengan ukuran tersebut merk Best One dan Sweety yang harganya sekitar Rp 130.000. Apabila di jual di online rata-rata harganya adalah Rp 150.000.

Gunakan Glodok Lovebird

Didalam kandang lovebird tersebut sudah terdapat tempat air minum dan juga tempat makan serta 2 buah tangkringan yang terbuat dari plastik. Sedangkan pada bagian bawah kandang juga tersedia terampah (tempat kotoran lovebird) sehingga tidak akan berceceran di lantai. Jadi, anda hanya cukup membeli GLODOK untuk tempat bertelurnya burung lovebird. Harga glodok di pasaran saat ini adalah Rp  20.000 – Rp 30.000. Sekarang sudah terdapat model glodok yang bisa dibuka dari depan sehingga lovebird tidak gampang stress.

Saat ini banyak sekali para peternak burung lovebird yang telah memanfaatkan kandang kotak yang besi untuk menangkarnya. Alasannya adalah untuk dapat memudahkan mengontrol lovebird sehingga kita bisa tahu burung lovebird mana yang sedang sakit.

Kandang kotak tersebut bisa diletakkan di rak khusus untuk kandang kotak seperti gambar diatas.Jadi, bisa disusun secara rapi. Semoga dapat memberikan inspirasi kepada anda.