Makanan Lovebird Yang Bagus Biar Ngekek Cepat Gacor

Racikan Makanan Lovebird – Merawat kesehatan lovebird peliharaan merupakan salah satu keasyikan yang tersendiri bagi para penghobi burung lovebird. Dalam merawat lovebird tentunya terdapat kepuasan tersendiri yang dirasakan, lelah, letih dan pusing akan hilang seketika. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat burung lovebird yang kita pelihara supaya terus sehat dan semakin ngekek gacor.

Makanan lovebird adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan dalam pola perawatan lovebird. Makanan merupakan sumber tenaga untuk kelangsungan hidup lovebird dan dapat berpangaruh terhadap kinerja burung. Dengan makanan yang tepat tentu saja akan menjadikan lovebird anda mampu ngekek gacor, menjaga pola makanan burung yang satu ini sebelum lomba bukan hal yang menjadi rahasia lagi bagi para kicau mania. Pasalnya, makanan yang dimakan lovebird  dapat mempengaruhi birahi burung yang otomatis juga akan mempengaruhi kinerja kicau burung.

Disamping itu, makanan lovebird yang tepat juga dapat menjaga kesehatan lovebird dari berbagai macam penyakit, di alam liar burung lovebird bebas memilih makanan yang ia inginkan namun bagi lovebird peliharaan harus kita sendiri yang mengaturnya. Oleh karena itu, kita sebagai pemelihara harus tahu mengenai makan love bird yang tepat, kandungannya, pengaruh ataupun manfaatnya terhadap lovebird, sehingga kita dapat mengatur pola perawatan harian lovebird dengan tepat. Informasi makanan lovebird juga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai untuk memelihara lovebird, karena biasanya bagi para pemula akan sangat bingung dengan pemberian pakan lovebird pada awalnya. Berikut ini adalah makanan lovebird yang bisa diberikan dan berbagai manfaatnya.

Makanan lovebird akan saya bagi menjadi dua bagian, yaitu makanan pokok dan makanan extra (extra food). Makanan pokok adalah makanan yang dapat diberikan setiap waktu, ibaratnya seperti  kita makan nasi. Sedangkan enxtra food lovebird atau makanan extra (makanan sampingan) adalah makanan yang dapat diberikan sewaktu-waktu jika diperlukan atau hanya untuk makanan selingan saja.

Makanan Pokok Lovebird

  • Milet

Pertama adalah milet, biji milet sudah sangat umum digunakan untuk pakan burung seperti burung kenari, lovebird, blackthroat, dan burung pemakan biji lainnya. Biji milet ada yang berwarna putih dan merah, untuk penggunaannya dapat dicampur atau bisa juga hanya salah satu. Biji milet merah biasanya digunakan untuk menjaga kestabilan birahi (menurunkan sedikit birahi), sedangkan milet putih netral. Karena biji milet ini merupakan makan pokok bagi lovebird makan pemberiannya bisa setiap hari.

  • Canary Seed / Biji Kenari

Canary seed juga bisa diberikan pada lovebird, pemberiannya bisa dicampur dengan milet. Tetapi beberapa lovebird biasanya akan rewel atau tidak doyan dalam memakan canary seed (butuh pembiasaan). Canary seed mengandung protein yang tinggi, asam amino cystine, trytophan dan phenylalanine di dalamnya sehingga baik bagi lovebird terutama lovebird untuk diternak. Canary seed yang bagus yaitu yang agak tua ciri-cirinya berwarna sedikit gelap dan isinya padat. Canary seed bisa memberikan stamina dan semangat pada LB.

  • Juwawut

Jewawut sangat baik diberikan pada lovebird yang ingin diternak, karena pada juwawut mengandung protein dan banyak zat kapur untuk pembentukkan telur.

  • Biji oat / haver

Tidak hanya bagi manusia, biji oat sangat baik diberikan untuk lovebird dan burung paruh bengkok lainnya. Biji oat membantu ketenangan pada burung saat mabung, memperbaiki organ pencernaan, untuk keindahan bulu.

Makanan tambahan dan Extra Food Lovebird

  • Jagung manis

Jagung manis mentah memang sudah umum digunakan sebagai makanan lovebird khususnya extra food lovebird. Jagung yang diberikan adalah jagung mentah yah bukan yang direbus hehehe. Jagung mentah ini ada yang jagung putri ada jagung muda. Manfaat jagung muda untuk lovebird ini untuk meningkatkan birahi, tetapi responnya lambat.

  • Kecambah atau Toge

Kecambah atau toge juga bisa diberikan pada lovebird sebagai makanan tambahan dan diseling dengan makanan lainnya. Toge paling baik diberikan pada lovebird yang ingin diternak.

  • Kangkung

Kangkung sebagai extra fooding lovebird sudah tidak aneh lagi, karena kangkung banyak dipakai sebagai pakan tambahan lovebird, baik itu lovebird lomba ataupun lovebird ternak (baik bagi pertumbuhan cangkang karena tinggi kalsium). Fungsi kangkung untuk lovebird adalah untuk penenang, sumber kalsium, dan meningkatkan birahi.

  • Kwaci

Tidak hanya hamster yang makan kwaci (makanan hamster) tetapi lovebird dan beberapa burung paruh bengkok juga makan kwaci. Fungsi kwaci untuk lovebird yaitu untuk meningkatkan birahi dan sumber lemak (banyak mengandung lemak). Pemberian kwaci tidak boleh terlalu banyak dan berlebihan. Jika berlebihan burung lovebird bisa jadi gemuk atau ngelemak (baca : mengatasi lovebird ngelemak) tidak baik bagi lovebird lomba ataupun ternak. Kwaci baik diberikan pada lovebird yang sedang drop birahi dan badan kurus nyilet.

  • Tulang sotong

Tulang sotong tidak hanya diberikan pada burung kenari saja, tulang sotong bisa diberikan pada lovebird sebagai sumber mineral dan kalsium. Selain itu lovebird bisa mengasah paruhnya pada tulang sotong yang kita berikan. Baik diberikan pada semua lovebird terutama lovebird untuk diternak.

  • Pokcoy/pakcoy

Sayuran juga bagus diberikan pada lovebird, selain memperlancar pencernaan juga dapat menurunkan birahi.

  • Sawi putih

Selain pokcoy sawi putih juga bisa diberikan pada lovebird sebagai selingan makanan tambahan.

Makanan lovebird terbaik adalah makanan yang seimbang gizinya, tidak hanya satu jenis makanan saja tetapi kita bisa memberikan beberapa jenis makanan pada lovebird kita, barangkali juga lovebird merasa bosan. Berikan makanan yang mencukupi seperti mengandung biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Makanan lovebird terbaik juga tepat pemberiannya, tepat diberikan saat lovebird membutuhkan, misal sedang kurang birahi maka berikan makanan yang bisa menaikkan birahi, jika akan diternak maka berikan makanan yang mengandung banyak vit E dan seterusnya sehingga segala kebutuhan lovebird tercukupi dan LB menjadi sehat. Jika lovebird sehat tentu kemungkinan ngekek panjang dan gacor akan sangat besar.